Pendidikan Masa Depan Dunia

Tunas Bangsa yang Menerangi Dunia

Kamis, 09 Januari 2014

"Tahukah Kalian Bahwa Pohon juga Minum Seperti Manusia?"

Ketika melihat Udin minum menggunaka sedotan, Beni bertanya, "Tahukah kalian bahwa pohon juga minum seperti manusia?" pada saat bersamaan guru masuk ke kelas dan berkata, "Betul. Sebagaimana halnya manusia, pohon juga perlu minum.  inilah kutipan tulisan yang diambil dari buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk SD/MI Kelas IV Peduli Terhadap Makhluk Hidup/Kemendikbud.

Nah kali ini anak-anak Bimbel Mania (red:Matahari Dunia) melakukan percobaan untuk membuktikan bahwa pohon juga minum seperti manusia. Pohon juga makhluk hidup yang membutuhkan air untuk kehidupan.
sedang melakukan percobaan

Untuk membuktikannya maka tidak membuang waktu lagi anak-anak langsung melihat petunjuk seperti yang tertera pada buku materi ajar berikut ini.

Batang Sebagai Penyalur Air dan MineralTujuan: Kamu dapat membuktian bahwa batang berfungsi menyalurkan air ke seluruh tubuh tumbuhan.


Alat dan Bahan
  1. Tiga batang tanaman seledri muda atau tanaman pacar air
  2. Tiga buah gelas bening
  3. Air bening
  4. Tiga jenis pewarna (merah, kuning, dan biru)
Langkah Kerja
Lakukan secara berkelompok
  1. Isilah ketiga gelas yang telah kamu siapkan dengan air bening setinggi 2 cm.
  2. Masukkan 3 pewarna secukupnya pada setiap gelas yang berisi air tadi sehingga didapat 3 gelas air yang berwarna merah, kuning, dan biru.
Masukkan tanaman yang telah dipotong bagian akarnya kedalam gelas yang berisi air berwarna tadi.
Biarkan selama 30 menit dan lihat apa yang terjadi.
Azka, Robby, Ibas

Pada belajar kali ini anak-anak sangat bersemangat melakukan percobaan. Tujuan percobaan ini juga untuk menumbuhkan kesadaran untuk peduli terhadap makhluk hidup. Tumbuhan juga termasuk makhluk hidup. lingkungan rumah yang hijau akan berpengaruh terhadap kesehatan manusia dan hewan. Hal ini disebabkan hewan dan manusia menghirup oksigen yang dikeluarkan oleh tumbuhan setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar