Pendidikan Masa Depan Dunia

Tunas Bangsa yang Menerangi Dunia

Rabu, 05 Juni 2013

Mempelajari Proses Broadcasting di TVRI Jambi


Jambi, Kamis (GAFATAR-Jambi)- Study Tour Sekolah Berbasis Rumah (SBR) GAFATAR yang dilaksanakan di LPP TVRI Stasiun Jambi merupakan program kerja Bidikpora DPK Tanjung Jabung Barat yang melibatkan seluruh anak-anak SBR GAFATAR Jambi (27/9).


Kegiatan ini  sebagai salah satu tambahan belajar bagi anak-anak Sekolah Berbasis Rumah (SBR) GAFATAR khususnya dan orangtua untuk mengenal bagaimana proses penyiaran atau broadcasting. Kegiatan ini sebagai sarana untuk memperkenalkan GAFATAR kepada masyarakat umum, khususnya karyawan TVRI.


Diruangan Mixing, Study Tour yang dipimpin oleh Bayu sebagai Staf Senior Bidang Produksi ini menjelaskan tentang proses bagaimana sebuah acara dapat diprogram dengan baik hingga dapat diterima melalui pesawat televisi dalam bentuk suara dan gambar (audio visual). Selanjutnya para peserta diajak memasuki ruangan Studio, diruangan tersebut memperlihatkan pengambilan gambar dan suara. Dan pada Ruangan Control dijelaskan proses pengolahan gambar dan suara hingga sebuah acara siap untuk disiarkan.


Pada Ruangan Pemancar para peserta juga dijelaskan tentang sistem pemancar yang digunakan oleh pesawat televisi, yaitu VHF dan UHF. Jangkauan pancaran UHF hanya di sekitaran kota Jambi sedangkan untuk VHF dapat menjangkau hingga seluruh pelosok kabupaten dan desa dengan bantuan stasiun relay.


Seluruh peserta tampak serius dalam mengikuti acara tersebut dan banyak mengajukan pertanyaan kepada kru TVRI. Decak kagum terlontar dari para peserta pada kecanggihan teknologi informasi yang diaplikasikan pada TVRI.


Pada kegiatan tersebut Bahnan sebagai Kepala Bidang Produksi LPP TVRI Stasiun Jambi memberikan apresiasi yang sangat baik kepada GAFATAR Jambi. “Kegiatan study tour seperti ini belum pernah terlaksana sebelumnya di stasiun kami. Mudah-mudahan kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana di tempat kami, dan kami berharap ini akan memberikan manfaat dan pengetahuan bagi para anak-anak SBR GAFATAR Jambi”. Tambah Bahnan sembari tersenyum kepada para peserta study tour. (jambi.gafatar.or.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar